Senin, 23 Maret 2015

Peranan Doa dalam Penyembuhan

Kalau ada seseorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia..-Yakobus 5 : 14

Ada tiga  hukum di dunia yang mengikat kita-hukum alam, hukum moral atau perilaku dan hukum spiritual. Hukum alam mencakup cara tubuh bekerja dan menyembuhkan diri sendiri. Dalam bidang ini hampir semuanya dapat diramalkan.Inilah bidang kedokteran somatik. Di India, Pelayanan Kesehatan Masyarakat khusus mengurusi pengendalian pembawa penyakit (termasuk kuman) dan vaksin. Bidang ini banyak berurusan dengan hukum alam.

Hukum moral atau perilaku, hasilnya dipengaruhi oleh emosi dan pilihan kita. Di Amerika Serikat, konferensi Pelayanan Kesehatan Masyarakat mengutamakan pembahasan alkoholisme, kecanduan obat terlarang, kegemukan, penyakit kelamin, AIDS dan stres. Sebagian besar gangguan ini akibat pilihan pribadi. Dan, bagi orang Kristen, doa merupakan alat kesehatan yang ampuh karena doa mendorong pilihan moral dan sehat.

Hukum spiritual menyangkut hubungan kita dengan Tuhan. Kita diciptakan "menurut gambar-Nya", dan otak atau akal kita merupakan alat yang dipakai roh kita untuk mengendalikan tubuh kita. Ketika kita berdoa meminta kesembuhan, kita mungkin berpikir tentang rasa sakit di badan atau gejala-gejalanya. Ketika Tuhan mendengar doa kita, Ia melihat dulu apakah ada amarah atau kegetiran yang mengganggu kualitas hidup kita. 

Konsep alkitabiah tentang "syalom" bermakna kesempurnaan, kesehatan dan kesejahteraan-damai yang berasal dari hidup dalam ketaatan terhadap Allah (Yes 48 : 18-19, 22). Syalom inilah yang menimbulkan keseimbangan dan kesehatan yang terdalam :
Lenyaplah, semua ketakutan dan kesedihan,
Karena Tuhan sumber sukacita
Yesus, masuklah;
siapa yang mencintai Bapak,
meskipun di tengah badai,
di dalam diriNya tetap damai;
ya, apa pun harus kutanggung di sini,
pada Engkaulah terdapat kebahagiaan sejati,
Yesus, harta tak ternilai. 
(Johann Franck-1618 s/d 1677)

Baca : Markus 6 : 1-6                                                                                                               PBra

Dikutip dari :
Sumber Hidup Praktisi Medis



Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag